Report Game Level 5 Bunsay IIP

Jumat, Oktober 27, 2017

Report Game Level 5 Bunsay IIP

Membaca adalah perintah Allah yang tertuang dalam Alquran surat Al-Alaq ayat 1. Perintah ini bahkan merupakan perintah pertama yang disampaikan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.
Sedemikian penting peran membaca sebelum aktifitas yang lain, menjadi dasar diadakannya game level kelima dalam kuliah bunsay IIP. Game yang melibatkan seluruh anggota keluarga untuk membaca kemudian melaporkan hasilnya dalam bentuk family tree atau dokumentasi lain yang sesuai.

Keluarga kecil saya memiliki kendala jarak, suami keluar kota hampir setiap hari dan anak pertama saya pun jauh karena belajar di pesantren. Maka, praktis hanya saya dan kedua anak saya yang lain yang bisa diajak untuk bermain game ini sambil tetap mengajak suami ikut serta.

Hari pertama game level lima saya belum memggunakan family tree karena keluar kota, jadi belum sempat membuat. Aktivitas membaca tetap dilakukan. Saya menetapkan kegiatan membaca bersama keluarga selepas Maghrib hingga Isya atau fleksibel ketika tengah di perjalanan keluar kota.

Hari pertama game, untuk Valya anak saya yang berusia 2,5 tahun, saya bacakan sebuah buku tentang tujuh saudara yang sudah nenek di berbagai belahan dunia. Buku ini bercerita tentang tujuh saudara yang terpisah di tujuh benua kemudian dipertemukan karena salah satu nenek berulang tahun. Valya sangat suka dengan ilustrasi dalam buku tersebut dan cukup tenang menyimak penuturan saya.

Saya sendiri membaca buku kumpulan cerpen yang  baru saya beli. Sementara suami saya belum berhasil mengikuti game hari pertama karena masih di luar kota dan tidak membawa buku.

Membiasakan membaca di tengah gempuran kesenangan bermain gadget memang butuh perjuangan. Tetapi, kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi?

#Bunda sayang
#Ibu profesional
#IIP
#For things to change, i must change first

You Might Also Like

0 komentar