Nostalgia Kampung di Taman Dolan Batu

Sabtu, Desember 16, 2017




Kota wisata Batu kian hari makin sibuk berbenah untuk memberikan pengalaman liburan yang berkesan untuk para pelancong. Banyak wahana wisata baru yang dibuka, sebut saja Taman Dolan Batu yang terletak di pintu masuk kota Batu dari arah Karangploso, tepatnya di daerah Bumiaji, Batu. 

Taman Dolan merupakan penginapan dengan konsep alam-tradisional yang unik. Letaknya yang berada di antara area persawahan berkontur menambah kesan tersebut. Dari area Taman Dolan anda dapat menikmati view hamparan hijau persawahan dengan latar belakang gunung yang menjulang di batas pandangan. Ketika malam hari, panorama Kota Batu terlihat menawan dengan kerlip lampu di kejauhan, sangat indah. Udara segar dan sejuk semakin dingin ketika malam semakin larut.


Konsep tradisional yang diusung pernginapan ini tampak dari material dan gaya arsitektur yang dipilih untuk penginapannya. Material yang digunakan untuk membangun rumah-rumah tersebut tidak berasal dari kayu baru, melainkan dari kayu-kayu bekas rumah tradisional yang sepertinya didapatkan dari warga sekitar yang kebetulan mengganti rumah kayu menjadi rumah permanen. Terlihat dari warna kayu yang tampak usang dan tekstur yang tidak terlalu halus serta potongan kayu yang tidak terlalu presisi. Begitu pun dengan meja makan yang ada di depan dalam taman.



Taman-taman yang terdapat di sekitar penginapan, semuanya menyerupai taman-taman yang biasanya ada di rumah penduduk. Jalan setapak yang menghubungkan antar area dalam kawasan Taman Dolan pun tidak diplester atau di paving, melainkan berupa tanah yang dibiarkan alami. Kesan tradisonal lebih terasa lagi pada kamar mandi umum yang dindingnya hanya berupa dinding diplester tanpa cat.



Ada beberapa tipe penginapan yang bisa disewa disini, salah satunya tipe Omah Lumbung dengan harga sewa 250 ribu pada saat weekend. Omah Lumbung ini berupa kamar-kamar yang saling terpisah berbentuk seperti lumbung padi, dengan luas kurang lebih 6m2. Omah Lumbung dibangun diatas kolam ikan dan taman yang menenangkan. Karena peruntukannya adalah untuk para backpacker, maka kamar tipe ini tidak terdapat meja dan lemari. Hanya ada kasur ukuran king yang cukup untuk tiga orang dewasa. 

Selain Omah Lumbung, ada juga pilihan tipe kamar yang lain dengan harga sewa yang lebih mahal. Tentu saja fasilitas yang didapatkan berbeda dengan tipe omah lumbung. 

Kalau bosan di kamar, anda bisa bermain di playground yang akan membawa anda bernostalgia dengan masa kecil anda. Ada holahop, egrang dan bakiak yang bisa dgunakan beramai-ramai. Untuk anak-anak, terdapat playground dengan ayunan, jungkat jungkit, dan perosotan. Terdapat pula kolam renang berukuran sedang untuk anak-anak dan dewasa. 

Ingin mencoba sensasi bermalam di pedesaan? Coba saja ke Taman Dolan, Bumiaji, Batu. Selamat berwisata!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Baru tahu nih ada Kampung Dolan di daerah Batu. Boleh deh jadi travel listku hehe

    BalasHapus