TUGAS NICE HOME WORK #4 IIP BATCH #3 SBM

Minggu, Februari 19, 2017

a.   Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
    Dari dua ilmu yang ingin saya pelajari dalam universitas kehidupan ini, tidak ada yang ingin saya ubah. Namun saya merasa perlu menambah jurusan ilmu yang lain yang akan saya jabarkan di poin ( d ).

b.    Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
   Belum sepenuhnya konsisten, tapi saya berusaha agar bisa mematuhi     checklist harian saya

c.  Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
    saya masih meraba-raba, tetapi setidaknya inilah yang bisa saya tangkap dari sekian pertanda yang diberikan Allah pada saya, suami dan anak-anak saya.
   Bismillah, saya merasa Allah menganugerahi sifat saya yang supel, ramah, perhatian, suka menyenangkan orang lain, dianggap dewasa dan enak diajak ngobrol / curhat sebagai sinyal bahwa saya mungkin bisa bermanfaat dalam bidang konsultasi. Tetapi, sejujurnya saya merasa tidak pantas menjadi konsultan dalam agama atau pendidikan dan pernikahan. Sejauh ini, saya merasa lebih nyaman menyampaikan nasihat / pesan melalui tulisan. Dengan kata lain, saya bisa berdakwah melalui tulisan.
   Jadi, menurut hemat saya, bidang yang saya rasa bisa saya kuasai adalah bidang penulisan.
     Misi hidup saya: memberi manfaat ( dakwah ) melalui tulisan-tulisan saya
     Bidang          : kepenulisan
     Peran           : penulis

d.  Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
-        Ilmu menjadi hamba Allah yang solihah
-        Ilmu menjadi ibu yang profesional
-        Ilmu kepenulisan

e.    Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan misi hidup
    saya tetapkan usia saya saat ini, 36 tahun 4 bulan sebagai Km 0 perjalanan saya.
-        Km 0-Km 1 ( tahun pertama ) = ilmu menjadi hamba Allah yang solihah
-   Km 0-Km 4 ( tahun pertama-tahun keempat ) = ilmu bunda profesional (bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif, bunda shaleha)
-        Km 5 - Km 6 ( tahun kelima ) = ilmu kepenulisan

f.  Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas
    Sudah J


You Might Also Like

0 komentar