Menaikkan Level dengan Belajar (Lagi)

Selasa, November 07, 2017




Menulis fiksi adalah kesukaan saya. Beberapa cerpen pernah saya buat dan saya posting di media sosial. Beragam komentar dari teman dan pembaca memberi semangat tersendiri untuk terus berusaha berkarya. 

Sekian lama (jiaah lama :D) menulis, lama-lama saya merasa kok, kayanya saya ngga maju-maju. Kualitas tulisan serasa makin mundur, tidak seperti pada awal-awal menulis. Hati kecil saya mengakui, saya mulai merasa jenuh dengan tulisan sendiri. 

Sebuah penelusuran dituntun Mbah Google mengantarkan saya pada sosok penulis produktif Nurhayati Pujiastuti di blog-nya yang keren. Di situ saya menemukan banyak tulisan kerennya yang bikin saya merasa tercerahkan sekaligus malu. Juga, nasihat yang sebenarnya sering saya dengar, tetapi mungkin momennya pas dengan yang saya butuhkan saat ini. Nasihatnya adalah seorang penulis harus selalu belajar. Supaya kemampuannya meningkat dan bisa menulis apa saja. Rasanya ketampol baca itu. Beberapa waktu lalu di linimasa teman-teman sesama writer wannabe banyak yang pada ikut kelas menulis, tetapi saya bergeming. Selain karena tidak ada bujet, juga karena saya merasa perlu rehat dari training2 dan mempraktekan yang sudah saya pelajari dulu. 

Ternyata saya seharusnya mencari jalan lain untuk belajar dan bukan berhenti belajar. Kan belajar bisa dari mana saja termasuk dari buku. Beruntung kemarin menemukan buku ini di Perpus, judulnya 13 Mantra Menulis Fiksi karangan @ImperialJathee. Buku ini berisi trik dan tips menulis fiksi mulai dari menentukan tema hingga memilih setting yang bagus. Isinya cukup lengkap, penjelasannya mudah dipahami, contoh-contoh yang diambil dari novel-novel (sebenarnya agak kurang sreg dengan gaya cerita novelnya, sih) bisa memperjelas pemaparan penulisnya. Sangat membantu buat penulis pemula seperti saya.

#Bunda sayang
#Ibu profesional
#IIP
#For things to change, i must change first

  

You Might Also Like

0 komentar