Report Game 1#day2 KuliahBunSayIIP Kompro

Selasa, Juni 06, 2017

Game 1 #day 2
Perjuangan untuk berkomunikasi produktif dengan emosi yang terkendali pada anak memang butuh kesungguhan dan konsistensi. Tidak seperti hari pertama dimana saya relatif berhasil mengendalikan emosi, maka di hari kedua, tanggal 6/5/2017, saya justru banyak terbawa emosi. Sejak pagi hingga menjelang tidur ada saja hal yang menggelitik emosi. Misalnya, anak-anak berantem (seperti biasanya, sih), si kecil menuang sayur ke semangkuk besar es blewah, si sulung menggoda adiknya terus hingga menangis, si sulung (lagi) yang lambat melakukan perintah untuk solat, dll.

Di tengah ritme pekerjaan rumah dan urusan yang silih berganti, rasanya cukup mengaduk emosi dan membuat saya terpancing untuk bicara dengan nada meninggi. Alhamdulillah tidak sampai keluar kata kasar dan tangan yang ikut andil. Bisa jadi karena saya sudah mengingat sejak bangun pagi, bahwa hari ini saya akan berlatih lagi mengendalikan emosi.

Saya relatif bisa mengerem emosi agar tidak berlebihan. Artinya, walaupun nada suara saya tetap meninggi, tapi emosi saya tidak terpancing untuk sampai berkata yang melampaui batas, atau berbuat kasar pada anak. Bagi saya, ini pencapaian yang lumayan sebab biasanya dalam case yang sama, saya sudah "merepet" marah disertai ancaman dan kadang mencubit. Astaghfirullah...#tutupmuka

Esok saya pasti bisa lebih baik lagi, mengendalikan emosi saya agar tetap stabil meskipun di tengah persoalan pelik. InsyaAllah....

"Untuk setiap jerih usaha kita  menjadi ibu yang lebih baik, ada pertolongan Allah yang membuatmu kuat, tabah hingga akhir"

#level1
#day2
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbusayiip

You Might Also Like

2 komentar

  1. Untuk setiap jerih usaha kita menjadi ibu yang lebih baik, ada pertolongan Allah yang membuatmu kuat, tabah hingga akhir"

    Tiada saya dan upaya, selain hanya kekuatan Alloh yang menguatkan kita

    BalasHapus