Report Game 1 Day 9

Sabtu, Juni 17, 2017


Hari kesembilan latihan mengendalikan emosi, dipenuhi dengan banyak godaan dari tingkah polah dan ucapan anak-anak, terutama si sulung dan si tengah. Dimulai sejak selepas sahur, si tengah menangis keras disertai teriakan karena ia tak bisa tidur di tempatnya biasa tidur. Rupanya si sulung tanpa sengaja tidur di tempat si tengah. Penyebab sepele itu membuat si tengah meradang dan akhirnya menangis. Pagi itu, saya tak terusik sedikit pun, bukan karena saya tak terganggu, tetapi lebih karena hati saya tengah merasa lapang dan damai selepas bangun malam dan berdoa di malam 21 ramadhan. Saya mendiamkan si tengah yang terus menangis sambil meracau, dengan menyibukkan diri membaca Al-Quran. Bukan membiarkan, tepatnya saya menunggu dia selesai dengan luapan perasaanya, baru saya akan ajak bicara. Ternyata, saya malah tertidur, begitu pun dengan si tengah yang tertidur di ruang tv. Setelah bangun, sepertinya ia membaik dan sudah lupa kejadian sebelumnya.

Hari bergulir, diwarnai dengan ragam tingkah anak-anak. Banyak sekali sampai saya tak ingin menuliskannya. Hanya saja, ada satu hal yang menarik. Alhamdulillah, hari ini meskipun banyak  hal yang berpotensi membuat saya marah, saya tak mudah terpancing, tidak mudah marah atau terbawa emosi. Kalau mengira-ngira penyebabnya, saya curiga bisa jadi karena malamnya saya sibukkan diri dengan solat malam, doa dan mengaji, sehingga sangat berpengaruh pada kestabilan dan ketenangan hati esoknya. Subhanaallah, saya sebenarnya pernah membaca tentang ini, bahwa jika seorang ibu banyak mengomel, mudah terbawa emosi dan marah, penyebabnya bukan kurang piknik, tapi karena kurangnya kedekatan kita dengan Allah SWT. Masyaallah!

Semoga setelah ini saya lebih konsisten mendekatkan diri saya pada Allah agar Allah selalu menjaga ucapan dan tindakan saya dalam mendidik dan membesarkan anak-anak. Semoga Allah senantiasa menguatkan saya dalam mengasuh buah hati menjadi anak-anak solih solihah, aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

#level1
#day9
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

You Might Also Like

0 komentar