Report Game 1 Day 7

Rabu, Juni 14, 2017

Game 1 Day 7
Hari ini adalah latihan ketujuh saya dalam mengendalikan emosi ketika berkomunikasi dengan anak. Harus saya akui, latihan pengendalian emosi bisa jadi akan menjadi latihan sepanjang hidup, hari ini berhasil mungkin esok tidak. Kemarin, saya beberapa kali merasa berhasil dan sempat berpikir untuk berganti poin latihan, ternyata hari ini saya merasa gagal lagi.

Pasalnya, si sulung dan si tengah berantem memperebutkan handphone saya untuk main game. Si tengah merasa si kakak sudah terlalu sering bermain HP saya tanpa gangguan (si tengah memang tidak terlalu suka bermain HP), sehingga ia merasa lebih berhak, sementara si kakak merasa ia lebih berhak karena awalnya handphone tersebut miliknya (sebelumnya ayahnya memberikan handphone tersebut untuknya).

Saya berusaha tidak terpancing dengan nada tetap datar pada saat menangani keduanya. Si tengah menangis dengan teriakan yang sangat mengganggu, sementara si sulung tetap tak bergeming, tetap merasa berhak atas HP itu. Agak lama saya bertahan dalam nada datar untuk memberi solusi pertengkaran mereka, sampai akhirnya ketika saya merasa teriakannya telah melewati batas, begitu pun dengan kesabaran saya. Saya memberi si tengah peringatan, jika ia tidak berhenti berteriak, saya akan menyiramkan air padanya. Dan jika si sulung tetap pada pendiriannya, dia dipersilakan keluar rumah.

Pada akhirnya, ia tetap berteriak sambil menangis, terpaksa saya menyiram air ke badannya. Kemudian, setelah emosi saya mereda, saya duduk di antara mereka dan mulai menjelaskan duduk perkara dan menengahi perselisihan mereka. Saya menawarkan solusi bergantian dengan batas waktu, akhirnya mereka sepakat untuk berbagi dengan batas waktu yang ditentukan bersama.

Alhamdulillah akhirnya masalah berhasil diselesaikan, meskipun saya gagal di tengah proses penyelesaiannya.saya benar-benar merasa makin banyak hal yang harus saya pelajari dan saya benahi. Ampuni saya ya Allah, bimbing saya menjadi ibu yang lebih baik dari waktu ke waktu. Aamiin.

#level1
#day7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

You Might Also Like

0 komentar