Report Game 1 Komunikasi Produktif

Kamis, Juni 01, 2017

Rekam Jejak Game 1: Komunikasi Produktif

Hari ini, Kamis, 1 Juni 2017, saya mulai berlatih melakukan komunikasi dengan anak-anak saya secara produktif. Saya memilih poin mengendalikan emosi untuk dilatih selama kurang lebih sepuluh hari ke depan.

Alhamdulillah, hari ini tidak ada kejadian/konflik yang sedemikian pelik di antara anak-anak, sehingga emosi saya relatif stabil. Saya yang sedang berpuasa pun Alhamdulillah bisa lebih mengendalikan emosi pada saat berkomunikasi dengan mereka. Misalnya, saat si tengah marah karena tidak mengerti dengan penjelasan materi di bukunya, saya tetap stabil, tidak terpancing untuk marah.

Yang menarik, ada bonding yang lebih terasa dengan anak-anak, ketika saya tenang dan tidak terpancing dengan kejadian-kejadian yang biasanya sudah menyulut emosi. Misalnya saja, si tengah yang pulang sambil menangis karena digoda anak-anak di jalan, si sulung yang berulang kali ceroboh sehingga hampir membahayakan diri saya, atau si kecil (2y) yang rewel minta dituruti semua kemauannya.

Saya merasa lebih tenang dan senang setelah melakukan latihan ini. Saya pun tidak merasa seperti kehabisan energi. Meski awalnya agak sulit, tetapi ketika kita sadar bahwa tidak akan berguna jika emosi turut serta, saya kemudian merasakan hati lebih lapang dan riang.

Semoga saya bisa istikomah, tetap tenang, tak mudah terpicu, dan stabil. insyaAllah.

#level1
#day1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

You Might Also Like

0 komentar