Mind Mapping

Jumat, Juli 14, 2017

Mengembangkan Ide dengan Mind Map

*Sebuah Ringkasan Materi 2 Kelas Fiksi Odop*

Pada pertemuan sebelumnya telah dibahas mengenai trik untuk mendapatkan ide dari berbagai sumber inspirasi di sekitar kita. Langkah selanjutnya adalah bagaimana agar ide yang terpikirkan bisa direalisasikan menjadi sebuah tulisan. Langkah pertama adalah dengan membuat mind map.

Mind map atau disebut juga peta konsep berfungsi sebagai rel agar cerita yang akan dibuat tidak melenceng kemana-mana. Mind map biasanya masih berupa coretan kasar yang hanya diketahui oleh penulisnya. Isi mind map adalah ide dan pengembangan ide tersebut yang dibuat dengan cara menuliskan ide di tengah (pusat), sementara pengembangan ide dibuat menyebar radial sebagai cabangnya. Tidak harus berupa  gambar, mind map bisa juga dinyatakan seperti premis, tetapi premis yang dipanjangkan (lebih lengkap).

Karena masih berupa coretan kasar, sangat mungkin berubah pada saat menuliskannya, bisa jadi karena munculnya ide baru yang lebih menarik, misalnya. Hal tersebut sah-sah saja. Bagi penulis yang sudah piawai, mind map pertama yang dibuat seringkali malah dianggap sampah karena setelah dilakukan pengembangan ide, coretan awal tersebut malah berubah sama sekali sehingga tidak terpakai.

Setelah menyusun mind map, ekplorasilah mind map tersebut dengan cara membongkar kembali sampai dirasa mendekati final. Sampai di langkah ini, mind map tersebut bisa dikatakan siap untuk dikembangkan menjadi kerangka cerita yang lebih detail.

Kerangka cerita berisi eksplorasi ide yang lebih detail dan lengkap bahkan hingga ke penjabaran karakter dan tokoh ceritanya. Jika kerangka cerita sudah selesai dikerjakan, maka pekerjaan selanjutnya adalah mulai menuliskan cerita sesuai kerangka yang sudah dibuat.

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan berlatih membuat mind map, lambat lain akan terbiasa dan mahir. Demikian materi kedua kelas fiksi odop yang disampaikan Uncle Achmad ikhtiar pada Rabu, 12 Juli yang lalu. Semoga bermanfaat, selamat bereksplorasi!

#kelasfiksimateri2
#odop

You Might Also Like

3 komentar