Rabu, Juli 19, 2017

Report Game Level 2 IIP

BismiLlah...

Sebenarnya ini hari kesekian latihan game level 2 tentang kemandirian, dalam hal ini kemandirian pada anak kedua dan ketiga saya. Tetapi, saya terlupa untuk melaporkan via blog. Jadi, saya anggap ini latihan pertama saya dalam menanamkan kemandirian pada anak-anak.

Ada dua kemandirian yang saya ingin latih pada kedua anak saya. Pada anak kedua saya yang berusia 10 tahun, saya ingin melatih kemandirianya dalam hal bangun pagi minimal pukul 5 pagi. Sementara untuk anak ketiga saya ( 2,5 tahun) saya ingin melatih toilet training ( tutup muka karena sebenarnya sudah terlambat, hiks ).

Sebelum saya melaksanakan latihan, saya sounding dulu pada anak-anak akan apa yang saya inginkan. Pada hari pertama ini, anak kedua saya (Mahira) masih belum bisa bangun pada waktu subuh, meskipun saya sudah membangunkannya. Dia hanya terbangun sendiri sebentar kemudian tertidur lagi. Ketika pukul enam barulah ia bangun dan mandi. Dia beralasan masih ngantuk. Saya katakan padanya bahwa ngantuk harus dilawan karena itu bukan alasan. Bagaimana jika Mama beralasan mengantuk dan tidak mau bangun untuk mengurus keluarga? Atau guru tidak mengajar karena ngantuk.
Semoga  esok Mahira bisa bangun sesuai waktunya.

Pada anak ketiga saya (Valya) toilet training saya mulai setelah dia bangun dan mandi pagi. Saya lepas popok kemudian membawanya ke toilet untuk pipis, begitupun setelah sejam kemudian saya tatur kembali. Sampai setelah tidur siang, saya berhasil menerapkan latihan ini. Namun setelah bangun tidur siang, Valya tidak mau pipis karena masih belum on setelah bangun meskipun sudah saya tatur di kamar mandi. Akhirnya, karena saya pun harus keluar rumah dan ayahnya yang menangani Valya di rumah (ayahnya tidak mau ambil resiko pipis di celana), sehingga saya mengalah memakaikan valya popok lagi sampai malam menjelang tidur. Saya belum berhasil pada hari pertama ini.

Kalau boleh jujur, faktor dukungan suami dalam menerapkan latihan toilet training masih belum 100% sehingga membuat saya masih harus mengalah. Sementara pada latihan untuk Mahira, faktor kesungguhan Mahira untuk berubah masih belum kuat, saya harus memberinya motivasi agar ia sanggup melawan kantuk. Demikian report Game Level 2 saya, semoga Allah mudahkan saya untuk berlatih esok. Aamiin.

#level2
#tantangan10hari
#day1
#Kelasbunsayiip


You Might Also Like

0 komentar