FOKUS

Jumat, November 25, 2016


www.kabarbisnis.com

Ada yang menarik dari pembahasan di grup ODOP  Batch#3 Jum’at malam ini. Yaitu, tentang segmentasi tulisan. Segementasi tulisan adalah tentang memilih genre apa yang akan ditekuni, dikuasai dan dijadikan tema dalam menulis. Apakah misteri, komedi, thriller, romance, sience fiction atau fantasi.

Kalau dipikir-pikir, menulis dan bisnis adalah dua dunia yang lekat satu sama lain. Kata Mbak Indari Mastuti, penulis yang juga CEO Indscript Training Center, pebisnis harus bisa menulis, dan penulis harus bisa berbisnis. Kalau diamati, ilmu dan perjuangannya sama, meskipun dalam bidang yang berbeda. Nulis dan bisnis, sama-sama harus fokus, tidak boleh palugada. Fokus akan memudahkan pekerjaan, karena pikiran kita hanya dicurahkan untuk hal itu. Fokus menjadikan kita mahir dan menguasai yang kita kerjakan.

Fokus pada salah satu genre tulisan atau satu komoditi jualan saja akan membuat kita identik dan unik. Dengan kata lain, fokus akan menentukan personal branding kita yang membedakan dari yang lainnya. Dengan fokus, kesuksesan akan lebih mudah diraih.

Untuk fokus pada satu genre tulisan memang tidak mudah. Kejenuhan mungkin bisa melanda ditambah godaan untuk mencoba genre lain yang sepertinya menantang untuk dijajaki. Tetapi, percayalah, dengan memilih genre yang disukai dan dikuasai, akan lebih mudah membangkitkan semangat menulis, karena tidak ada keterpaksaan dalam melakukannya.

Ah, lebih baik saya sudahi saja tulisan saya. Anda sudah tahu maksudnya, kan? Sekarang waktunya mulai memikirkan: mau dikenal sebagai penulis apakah saya? Selamat merenung dan fokus! J


You Might Also Like

4 komentar

  1. terima kasih tulisannya. sy baru mau ngroll di group hihi

    nice bgtt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaa seru bgt semalam, silakan nge roll wkwk...kalau sudah nemu genrenya kasih tau ya :)

      Hapus
  2. Menjadi penulis yang punya ciri khas (branding) itu penting banget lho. Yang penting jangan lupa menulis, menulis dan menulis ^-^

    Nice post nih, sekaligus self reminder buatku. Thanks ya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami sami mbak nova, cuma sekedar share hasil diskusi semalam aja sih :)

      Hapus